Monday , 14 June 2021
Home » Berita » Kerjasama KESDM dengan World Bank dalam EITI Transition and Mainstreaming Support

Kerjasama KESDM dengan World Bank dalam EITI Transition and Mainstreaming Support

Program ini merupakan hibah dari World Bank dalam naungan Extractives Global Programmatic Support (EGPS) yang ditujukan untuk membantu Indonesia dalam pelaksanaan Transisi Kelembagaan Extractive Industry Transparency Initiative (EITI) dan Mainstreaming Support di Indonesia. Dukungan proses transisi kelembagaan EITI dalam rangka usaha pencapaian status Pemerintah Indonesia menjadi “Satisfactory Progress” di tahun 2021 dan Dukungan percepatan proses pengarusutamaan standar EITI dalam pelaporan kegiatan industri ekstraktif dalam rangka usaha pencapaian status Pemerintah Indonesia menjadi “Successful Mainstreaming” di tahun 2023.

Ruang lingkup kegiatan meliputi 2 komponen, yaitu:

Komponen 1. Memperkuat partisipasi dan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan EITI. Komponen ini akan fokus pada pembentukan kembali koordinasi EITI di bawah Kementerian ESDM, mempromosikan proses EITI untuk meningkatkan tata kelola ekstraktif, dan menangani rekomendasi laporan validasi EITI 2019. 

Komponen 2. mempercepat proses implementasi pengarusutamaan EITI. Hibah ini juga diharapkan dapat menambah kapasitas Kementerian ESDM dengan pengetahuan dan keterampilan untuk secara bertahap menerapkan pengarusutamaan EITI di Indonesia. Pengarusutamaan atau pengungkapan sistematis adalah persyaratan baru di bawah Standar EITI 2019.  

Sebagai salah satu komponen kerjasama yaitu mengenai Stakeholder Engagement Plan (SEP) dan Environmental and Social Commitment Plan (ESCP) yang menggambarkan peran dari stakeholder dalam mencapai tujuan serta penanggulangan dampak untuk wilayah sekitar. Adapun dokumen tersebut dapat di unduh pada link dibawah ini.

Stakeholder Engagement Plan

Environmental and Social Commitment Plan